Daftar Harga Kawat Ram, Tipe dan Fungsinya

·Bacaan 7 menit
Daftar Harga Kawat Ram, Tipe dan Fungsinya

RumahCom - Saat ini, semakin banyak masyarakat yang melakukan inovasi di berbagai bidang. Sebut saja bidang dekorasi interior yang semakin hari semakin inovatif. Bahkan, saat ini ada banyak benda unik yang bisa digunakan sebagai media untuk menambah nilai estetika suatu ruangan. Kawat ram adalah salah satu contohnya. Karena harga kawat ram tergolong cukup murah, banyak masyarakat yang mencoba menggunakan jenis kawat ini untuk bidang lain di luar fungsi aslinya. Supaya Anda bisa mengenali apa saja fungsi utama dan harga kawat ram terbaru, maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Apa itu Kawat Ram?

  2. Tipe-Tipe Kawat Ram

    1. Kawat Ram Hijau

    2. Kawat Ram Aluminium

    3. Kawat Ram Galvanis

    4. Kawat Ram Stainless Steel

    5. Kawat Ram PVC

  3. Daftar Harga Kawat Ram

  4. Fungsi Kawat Ram, Bisa Buat Apa

    1. Kandang Hewan Peliharaan

    2. Pagar Tanaman

    3. Tutup Jendela

    4. Sekat Lapangan

    5. Dekorasi Dinding

Perbedaan Antara SHM dan HGB

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum, dan Pajak Properti

Perbedaan Antara SHM dan HGB

1. Apa itu Kawat Ram?

Selain konstruksi bangunan, kawat ram bisa digunakan untuk keperluan lainnya. (Foto: Blog Material Bangunan)

Selain konstruksi bangunan, kawat ram bisa digunakan untuk keperluan lainnya. (Foto: Blog Material Bangunan)

Bagi beberapa orang yang terbiasa dengan bidang pembangunan, istilah kawat ram bukanlah suatu hal yang baru. Hal ini karena kawat ram pada dasarnya memang digunakan di bidang ini. Sejak awal, kawat ram atau bisa disebut juga sebagai kawat loket memang digunakan sebagai bahan baku tambahan dalam proses pembangunan. Selain itu, kawat ram juga sering digunakan sebagai bahan tambahan lain yang memang berkaitan dengan rumah dan bangunan. Itu sebabnya, harga kawat ram cenderung terjangkau.

Kawat ram biasanya dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan yang digunakan. Tentu saja, bahan yang berbeda akan menentukan harga dan kualitas dari kawat ram tersebut. Selain itu, beberapa jenis kawat ram memang lebih cocok untuk digunakan di dalam ruangan. Jaring atau sekat serangga adalah salah satu contohnya.

Akan tetapi, ada pula jenis kawat ram yang khusus untuk pemakaian luar ruangan. Biasanya, jenis kawat ram ini cenderung lebih tebal dan kuat. Kawat ram untuk pagar adalah salah satu contohnya. Tentunya, harga kawat ram untuk keperluan luar ruangan cenderung lebih mahal daripada kawat ram untuk dalam ruangan. Hal ini karena perbedaan bahan dan juga ketebalan.

Kawat ram mempunyai beragam fungsi yang bisa digunakan. Jika Anda berencana ingin bangun rumah di Depok luas tanah 100 meter persegi, tentu Anda membutuhkan kawat ram sebagai materialnya.

Baca Juga: Atap Galvalum: Kelebihan, Kekurangan, Daftar Harga Terbaru

2. Tipe-Tipe Kawat Ram

Kawat ram biasanya dibeli dalam ukuran satu rol. (Foto: Bibit Bunga)

Kawat ram biasanya dibeli dalam ukuran satu rol. (Foto: Bibit Bunga)

Berdasarkan informasi di atas, ada beberapa tipe kawat ram yang cukup umum digunakan oleh masyarakat saat ini. Tentu saja, penggunaannya bergantung pada jenis dan tipe kawat ram tersebut. Akan tetapi, secara umum kawat ram bisa dibedakan menjadi beberapa jenis atau tipe kawat ram seperti yang ada di bawah ini:

1. Kawat Ram Hijau

Tidak ada nama khusus untuk tipe kawat ram ini. Banyak orang mengenal kawat ram ini sebagai kawat ram hijau karena warnanya memang hijau. Selain harga kawat ram tipe ini cukup terjangkau, jenis kawat ram ini juga bisa diaplikasikan di banyak bidang. Hal ini karena ukuran rongga dari kawat ram ini cukup kecil, sekitar satu sampai dua centimeter.

2. Kawat Ram Aluminium

Tipe kawat aluminium adalah salah satu tipe kawat ram yang sering digunakan untuk keperluan luar ruangan. Di pedesaan, banyak masyarakat yang menggunakan tipe kawat ini sebagai bahan dalam membuat kandang. Hal ini karena aluminium mempunyai daya tahan yang kuat sehingga tidak perlu khawatir dengan kondisinya di luar ruangan. Jenis kawat ram aluminium tidak akan mudah berkarat walaupun sering terkena panas dan hujan.

3. Kawat Ram Galvanis

Kawat ram galvanis bisa dikatakan sebagai kawat ram unggulan. Hal ini karena kualitasnya lebih baik daripada kawat ram aluminium. Tentu saja harga kawat ram jenis ini lebih mahal, walaupun masih cukup terjangkau. Sayangnya, jenis kawat ram ini tidak cocok untuk hal yang mendetail karena ukuran rongga yang cukup besar. Walaupun terlihat sangat simetris, jenis kawat galvanis ini biasanya mempunya rongga hingga lima sentimeter atau bahkan lebih.

4. Kawat Ram Stainless Steel

Banyak orang mengatakan bahwa kawat ram stainless steel berada satu tingkat di bawah aluminium. Hal ini benar adanya karena jenis kawat ini biasanya digunakan untuk keperluan dalam ruangan. Jadi, kekuatan bukanlah prioritas utama dari tipe kawat ram ini. Akan tetapi, rongga yang dimiliki oleh kawat ram stainless steel ini sangat kecil. Dengan harga kawat ram yang masih terjangkau, tentu saja kawat ram stainless steel akan digunakan di bidang yang berbeda.

5. Kawat Ram PVC

Kawat ram PVC biasanya lebih dikenal sebagai kawat ram loket. Tentu saja, hal ini karena kawat ram jenis ini lebih sering digunakan sebagai pembatas loket. Secara bentuk dan ukuran, kawat ram PVC mirip dengan kawat ram hijau. Akan tetapi, material yang digunakan untuk membuat kawat ram PVC ini agak berbeda. Hal ini yang menyebabkan berat kawat ram PVC cukup ringan.

3. Daftar Harga Kawat Ram

Kawat ram dijual dengan harga yang bervariatif. (Foto: Pabrik Kawat Harmonika)

Kawat ram dijual dengan harga yang bervariatif. (Foto: Pabrik Kawat Harmonika)

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan kawat ram baik untuk keperluan dalam maupun luar ruangan, tidak ada salahnya mengetahui harga kawat ram terbaru. Berikut adalah sedikit bocoran biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli kawat ram sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Kawat Ram

Harga

Satuan

Kawat ram hijau

Rp32.000

1 meter

Kawat ram aluminium

Rp34.000

1 meter

Kawat ram galvanis

Rp33.000

1 meter

Kawat ram stainless steel

Rp40.000

1 meter

Kawat ram PVC

Rp20.000

1 meter

Jenis Kawat Ram

Harga

Satuan

Kawat ram hijau

Rp290.000

1 roll (10meter)

Kawat ram aluminium

Rp305.000

1 roll (10meter)

Kawat ram galvanis

Rp300.000

1 roll (10meter)

Kawat ram stainless steel

Rp360.000

1 roll (10meter)

Kawat ram PVC

Rp175.000

1 roll (10meter)

Sebagai bahan pertimbangan, saat ini saja jenis kawat ram dekorasi. Jenis kawat ram ini biasanya berukuran kecil karena aplikasi utamanya adalah sebagai dekorasi ruangan. Selain itu, harga kawat ram cenderung lebih mahal. Akan tetapi, karena ukuran yang dijual cenderung kecil, maka harga yang agak mahal tidak akan terlalu terlihat.

Tip Rumah

Ukur terlebih dahulu kebutuhan kawat ram sebelum membelinya supaya tidak ada yang terbuang secara sia-sia.

4. Fungsi Kawat Ram, Bisa Buat Apa?

Fungsi kawat yang beragam menjadikannya sangat fleksibel untuk konstruksi. (Foto: CV Sumber Makmur)

Fungsi kawat yang beragam menjadikannya sangat fleksibel untuk konstruksi. (Foto: CV Sumber Makmur)

Jika berbicara tentang fungsi kawat ram, tentu saja fungsi bisa sangat beragam, tergantung dengan jenis dan tipe kawat ram. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa fungsi umum dari kawat ram yang biasa ditemukan di masyarakat. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

1. Kandang Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan yang ditempatkan di dalam rumah tentu perlu diberikan kandang. Dalam hal ini, tidak jarang masyarakat yang memilih membuat kandang sendiri dengan menggunakan kawat ram. Alasan utama tentu saja karena harga kawat ram untuk membuat kandang sangat terjangkau. Selain itu, dengan menggunakan kawat ram, mereka bisa memilih ukuran kandang sesuai dengan yang diinginkan.

2. Pagar Tanaman

Saat ini semakin banyak masyarakat yang memulai pola hidup yang lebih sehat. Salah satunya dengan membuat taman sendiri yang diisi dengan sayur ataupun buah untuk kebutuhan sehari-hari. Jika Anda salah satunya, maka membuat pagar dari bahan kawat ram tentu bukan ide yang buruk. Banyak petani rumahan yang menggunakan konsep ini untuk melindungi tanaman yang mereka miliki dari hewan liar tang biasa berkeliaran di sekitar rumah. Selain itu, konsep pagar semacam ini juga bisa memberikan nilai estetika di taman yang Anda miliki.

3. Tutup Jendela

Karena harga teralis cukup tinggi, banyak orang menggunakan kawat ram sebagai pengganti teralis karena alasan harga kawat ram. Hal ini tentu saja sangat masuk akal karena dengan menggunakan kawat ram berdiameter besar, Anda bisa mendapatkan fungsi yang sama seperti besi teralis. Dengan selisih harga yang mencapai lima kali lipat dan kemudahan dalam pemasangan, jangan kaget kalau banyak orang sekarang lebih memilih kawat ram ketimbang teralis.

4. Sekat Lapangan

Lapangan voli, lapangan basket, dan lapangan tenis biasanya menggunakan sekat di pinggir lapangan. Sekat atau pembatas ini biasanya digunakan supaya bola tidak keluar terlalu jauh dari lapangan. Di banyak tempat, kawat ram menjadi pilihan bahan yang banyak dipilih. Harga kawat ram tentu saja menjadi alasan utama. Akan tetapi, ukuran lembaran kawat ram yang bisa mencapai 20 meter tentu menjadi alasan lain. Dengan begitu, proses pemasangan kawat pembatas atau sekat tidak akan memakan waktu yang lama.

5. Dekorasi Dinding

Jika Anda membutuhkan kawat ram untuk mendekorasi dinding rumah Anda, maka sebaiknya memilih kawat ram khusus. Biasanya, ukuran yang ditawarkan tergolong cukup kecil, hana berkisar setengah meter persegi. Selain itu, harga kawat ram jenis ini biasanya sedikit lebih mahal. Akan tetapi, kualitasnya memang didesain untuk keperluan dekorasi. Maka dari itu, tekstur dan penampilan kawat ram jenis ini biasanya lebih halus dan rapi.

Dengan mengetahui info mengenai kawat ram beserta fungsinya, bisa jadi Anda akan menggunakan kawat ram untuk hal lainnya. Tertarik untuk mencoba dan membuat bangunan Anda menjadi lebih menarik?

Anda tidak perlu bingung! Melalui video yang menarik berikut ini, Anda bisa mempelajari cara menghapus daftar hitam BI Checking dengan mudah!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tujuan kami adalah menciptakan tempat yang aman dan menarik bagi pengguna untuk terhubung melalui minat dan kegemaran. Untuk meningkatkan pengalaman komunitas, kami menangguhkan sementara fitur komentar artikel